Resep Kue Lapis Kenyal Praktis dan Sederhana

Banyak sekali resep kue tradisional asli Indonesia salah satunya adalah resep kue lapis yang enak, dengan warna yang selang-seling seperti warna pelangi yang indah. Tidak heran kue lapis menjadi incaran para pencinta resep kue ketika mereka pergi ke pasar tradisional. Ya, kue lapis biasa dijual di pasar tradisional yang memang menjadi salah satu usaha kecil untuk para orang tua jaman dahulu. Memang kue-kue seperti ini sering dijual oleh mbah-mbah yang suka berjualan di pasar tradisional. Melihat saja langsung ingin mendekat dan menikmatinya, karena warna yang unik membuat kue lapis menjadi primadona masyarakat.

Resep Kue Lapis Kenyal Praktis dan Sederhana

Mungkin anda akan berfikir bahwa warna akan seperti pelangi saja, namun bisa saja anda variasikan menjadi warna coklat-putih, merah-putih, hijau-putih-merah, atau warna yang lainnya juga boleh saja sesuai selera anda. Kita tahu juga kalau kue lapis sering menjadi salah satu kue yang hadir dalam acara seperti kajatan, khitan, menikah, dll. Walaupun tidak secara umum, tetapi saya sendiri selalu melihat hadirnya kue lapis ini. Jika dalam pengategorian kue ini termasuk dalam kue basah. Meski anda bisa membelinya di pasar tradisional rasanya kurang nyaman ketika anda seorang ibu tidak bisa membuat kue lapis sendiri dirumah. Untuk itulah kami ada solusi bagi anda yang ingin membuat kue sendiri dan berexperiment sendiri dapur kesayang anda.

Bahan yang digunakan tidaklah sulit dicari atau neko-neko yang pastinya mudah didapatkan jika anda ingin sekali membuat kue lapis. Berikut ini adalah bahan yang harus anda siapkan terlebih dahulu sebelum masuk pada langkah-langkah pada paragraf berikutnya.

Bahan-bahan:

  • 125 gram tepung sagu
  • 350 gram tepung beras putih
  • 2 lembar daun pandan cuci bersih
  • 350 gram gula putih
  • 1 ½ liter santan kelapa segar
  • 1 sendok teh garam
  • Pewarna makanan secukupnya (merah, hijau, coklat)

Cara membuat kue lapis:

  1. Pertama rebus santan beserta daun pandan yang sudah anda siapkan, lalu tambahkan sedikit garam masak dengan api sedang saja. Aduk-aduk santan agar tidak pecah dan tunggu sampai mendidih.
  2. Siapkan wadah, lalu masukkan tepung beras dan gula putih serta tepung sagu. Campurkan tiga bahan tersebut hingga rata.
  3. Tuangkan santan hasil rebusan tadi pada campuran tepung tadi, dan aduk hingga merata.
  4. Berikutnya, bagi adonan jadi beberapa bagian, selaraskan dengan warna yang akan digunakan. Kalau 4 warna ya bagi menjadi 4 bagian.
  5. Lalu, beri perwarna makanan pada masing-masing adonan yang telah anda bagi tadi. Aduk hingga warna tercampur ke adonan.
  6. Siapkan loyang sesuai keinginan dan olesi dengan minyak goreng atau margarine (margarine saja lebih okay). Tuang satu lapis warna pada laoyang terlebih dahulu sekitar 100 ml lalu kukus kurang lebih hingga 10 menit.
  7. Lanjut dengan menuangkan adonan berikutnya pada loyang (menimpa adonan pertama) dan kukus lagi selama 10 menit. Lakukan langkah ini lagi sampai adonan habis.
  8. Pada tahan akhir anda kukus selama 25 menitt, lalu angkat dan dinginkan.
  9. Kue lapis sudah bisa anda santap untuk menemani hari anda.

Sangat mudah sekali dalam membuat kue basah tersebut. Hanya butuh latihan saja ketika anda membuatnya. Jika anda menemui kegagal dalam proses membuat, anda ulangi lagi dan baca kembali tips dan resep pada halam situs ini. Kami rasa tidak ada yang rumit dalam membuat kue lapis sederhna diatas, mencobalah dan terbiasalah pasti lama-lama juga bisa. Jika anda penasaran dengan resep kue basah yang lainnya anda bisa melihat pada menu yang sudah ada pada panel menu diatas.

Resep Kue Lapis Kenyal Praktis dan Sederhana | Debra | 4.5